Categories: Info Cirebon

Bank Sampah Clean and Gold Siap di Gagas Pemkot dan OJK

KEJAKSAN, Pemerintah Kota Cirebon bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan mempunyai gagasan besar untuk menjadikan setiap rukun warga (RW) yang ada di Kota Cirebon menjadi bank sampah. Dari gagasan ini, setidaknya ada 18 titik di 18 RW selain akan dijadikan sebagai bank sampah, juga diubah dari sampah rumahan menjadi tabungan emas untuk warga.

Sebagaimana Kepala Kantor OJK Cirebon, M.Lutfi mengungkapkan, gagasan ini disebut sebagai clean and gold (besih dan emas) yang akan dikerjasamakan dengan pihak Pegadaian.

Program ini , menurut M. Lutfi, sebenarnya sudah mulai digagasnya pada tahun 2018. Dan akan mulai diefetifkan pada April 2019 mendatang.

“Ini dalam upaya percepatan akses keuangan daerah. Clean and Gold sendiri dapat kita artikan bersih-bersih sampah bisa diubah menjadi emas. Masyarakat bisa menyetor sampah yang sudah dipilih dan bernilai ekanomis ke bank sampah, yang nantinya mereka akan mendapatkan buku tabungan dengan saldo yang tecatat nilai emas,” kata M.Lutfi pada sela sosialisasi program Tim Percepatan Akeses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kantor OJK Cirebon, Rabu (20/2/2019).

Lebih lanjut M.Lutfi mengutarakan, sedikitnya ada 18 titik di 18 RW yang akan dijadikan sebagai bank sampah. Yang ke depannya, dari ke 18 titik bank sampah ini akan lebih diopotimalkan sebagai tempat transaksi sampah yang bernilai jual bagi masyarakat Kota Cirebon.

“Karenanya, dengan adanya bank sampah kita harapkan berbagai permasalahan sampah yang adai di Kota Cirebon bisa teratasi. Selain itu, akan memberikan kecukupan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” tuturnya.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan, di Kota Cirebon sendiri dalam setiap harinya telah terdapat lebih dari 1.000 m3 sampah dihasilkan dari masyarakat Cirebon. Dengan kondisi seperti itu maka Pemkot Cirebon tidak bisa mengatasinya sendiri.

“Diperlukan sebuah kerjasama dalam menanggulanginya. Karenanya, kami atas nama Pemkot Cirebon sangat mengapresiasi langkah yang akan dilakukan OJK Cirebon dalam menggagas program clean and old yang diterapkan di 18 RW,” katanya.

acang

Recent Posts

Unik, Bisnis Tembus Pasar China hanya Modal Cicak Kering

Cirebon - Bagi sebagian orang, cicak mungkin menjadi hewan yang menjijikan bahkan menakutkan. Tetapi hewan…

2 years ago

Ini 10 Motif Batik Cirebon yang Didaftarkan HKI !!

Cirebon - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon mendaftarkan 10 motif batik Cirebon ke…

2 years ago

Naas!! Pekerja Proyek Jalan Ditabrak Truk Hingga Meninggal

Cirebon - Solikhin (50), pekerja proyek pengerjaan median jalan di jalur pantura Cirebon, tewas diseruduk…

2 years ago

Jika UMKM Kreatif dan Inovatif, Cirebon Miliki Potensi Besar

KEDAWUNG, Ribuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah Cirebon memiliki peluang…

2 years ago

Terjadi Lagi Tawuran SMK di Plered, 3 Pelajar Luka Luka

Cirebon - Aksi tawuran pelajar kembali terjadi di Jalan Raya Panembahan Kabupaten Cirebon, Kamis siang (7/2) sekitar…

2 years ago

Polisi Gagalkan Pelaku Pesta Sabu dan Seks

CIREBON – Pengembangan dari penangkapan tersangka PN (45), Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon kembali mengamankan…

2 years ago