Cirebon Siaga Cadangan Pangan

Posted on

CIREBON-Cuaca yang tidak menentu Cirebon Timur rentan pada kerawanan pangan. H Muhidin MM selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Cirebon mengatakan, wilayah timur cirebon rata-rata kawasan industri. Karena dari daerah Mundu hingga Losari sebagian besar merupakan daerah perkebunan bawang, tebu maupun jagung, hanya beberapa pertanian padi.

“Dari 46 hektare lahan  yang dimiliki, sebanyak 27 hektare merupakan lahan pertanian. Ketika terjadi rawan pangan, kami segera menginstruksikan untuk melaksanakan bazar murah, khususnya bersumber dari 16 Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat PUPM atau Toko Tani Indonesia (TTI),” ungkapnya.

Saat ini cadangan pangan dalam kondisi utuh di gudang ada 152 ton gabah kering giling atau 90 ton beras, ini dirasakannya cukup untuk mengantisipasi kerawanan pangan, Cadangan pangan ini juga bekerja sama dengan Bulog.

“Kita menyiapkan berbagai strategi. Mulai konsolidasi, kemudian gerakan stabilitas harga pangan pokok. Ini terus kami gencarkan demi menjaga kelangkaan dan kenaikan harga beras,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *