Hanya Lima Persen Sampah Yang Diangkut Di Cirebon

Posted on

CIREBON-Meskipun sudah beroperasi kembai, TPA Gunung Santri belum bisa menyelesaikan masalah sampah, ini terjadi karena hanya lima persen dari total sampah setiap harinya yang diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Cirebon.

“Ya walaupun TPA Gunung Santri sudah bisa digunakan, tetapi bukan berarti masalah sampah sudah selesai begitu saja,” ujar Duta Sampah Provinsi Jawa Barat Yoyon Suharyono.

“Bayangkan, setiap hari hanya lima persen saja yang diangkut. Coba kita akumulasikan. Kalau hanya 5 persen yang diangkut, maka 95 persen sampah sisanya akan mengendap setiap hari. Makanya, tetap saja Kabupaten Cirebon darurat sampah,” ungkapnya.

“Misal DLHD nggak sanggup, tinggal bilang saja. Maka pemkab harus mengganti personel DLHD. Karena kalau dibiarkan, bisa jadi pengelolaan sampah bisa bertambah buruk dan persoalan sampah tetap tidak bisa diselesaikan,” bebernya.

Selain itu, Kabupaten Cirebon memang perlu ada penambahan TPA. Untuk masalah penambahan TPA, tentu saja berpotensi mendapat penolakan warga. Tetapi, di sini lah, perlu ada keberanian dan ketegasan dari Pemkab Cirebon. Karena ini sudah menyangkut warga Kabupaten Cirebon secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *