Meningkatnya Penumpang Kereta Api Saat Liburan Sekolah

Posted on

CIREBON – Dihari Natal dan Tahun Baru ini minat masyarakat menggunakan jasa angkutan kereta api meningkat, PT KAI sejak 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 mendatang sangat meningkat, Bahkan, PT KAI Cirebon sudah menjalankan 94 kereta api penumpang reguler dan 8 kereta api penumpang tambahan, Tentu ini menjadi suatu kebanggaan.

“Minat masyarakat yang tinggi untuk menggunakan jasa angkutan kereta api ini menjadi wujud kepercayaan masyarakat terhadap kami. Dan ini merupakan kebangaan bagi kami sebagai penyedia jasa layanan transportasi kereta api,” ungkapnya.

Hingga Sabtu (29/12) pagi, tercatat sebanyak 70.592 tiket telah terjual di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon. Ini dipengaruhi dari masa libur panjang anak sekolah dan libur natal dan tahun baru.

Sampai hari ke-10 dalam masa posko Natal dan Tahun Baru 2018/2019, tercatat jumlah penumpang keberangkatan terbanyak di Daop 3 Cirebon terjadi pada tangga 25 Desember 2018 sebanyak 8.402 penumpang. Persentase kenaikan sebesar 34 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang pada masa yang sama di tahun 2017 yang sebanyak 6.253 penumpang.

“Panjangnya masa liburan sekolah di tahun ini sangat berperan terhadap meningkatnya okupansi kereta api di masa Natal dan Tahun Baru 2018/2019,” ujarnya.

Sementara, untuk jumlah penumpang tertinggi yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon hingga Sabtu (29/12) terjadi pada 22 Desember 2018 sebanyak 8.787 penumpang. Angka tersebut naik sebesar 21 persen dibandingkan masa natal dan tahun baru yang sama di tahun 2017 lalu sebanyak 7.290 penumpang.

Meskipun pengguna jasa kereta api terlihat cukup tinggi di masa angkutan nataru kali ini, namun bagi calon pengguna jasa kereta api tidak perlu khawatir terkait ketersediaan tiket untuk sejumlah keberangkatan dari PT KAI Daop 3 Cirebon.

Kuswardoyo mengatakan, sejumlah tiket keberangkatan KA dari wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon di masa angkutan nataru ini khususnya ke arah Jakarta masih tersedia. Sehingga masyarakat yang hendak menggunakan jasa transpotasi kereta api tidak perlu khawatir.

“Kemudahan dalam memperoleh tiket KA baik melalui sejumlah agen penjualan, loket stasiun, ataupun  melalui berbagai aplikasi  yang tersedia seperti  KAI Acces, website resmi PT KAI, ataupun call center 121, menjadikan calon pengguna KA akan lebih nyaman dan cepat untuk mendapatkan tiket KA,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *