Siapa Hayo Nenek ini ? Orang Cirebon – Kuningan Pasti Tau

Posted on

Anda pernah atau sering melewati Jalan Raya Cirebon-Kuningan ? anda pasti sudah tidak asing dengan sosok nenek yang biasa duduk didepan Duta Hotel, Beber, Kabupaten Cirebon. ya namanya adalah  Mbok Minah.

Wanita yang berusia 70 tahun ini mempunyai dua mata yang tidak bisa melihat, akan tetapi mbok Minal selalu  beraktivitas seperti biasa.

Setiap Pagi hari pada pukul 08.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB akan berada di depan gapura Duta Hotel, bahkan sesekali pengendara motor serta pengendara mobil, bahkan pula angkutan umum berhenti untuk memberikan uang atau sekedar makanan pada Mbok Minah ini.

Meski Mbok Minah memiliki keterbatasan fisik, pendengaran Mbok Minah ini masih sangat baik, bahkan dia pun mengetahui mengenai informasi tentang bencana yang terjadi di Lombok, Sulawesi Tengah, akhir bulan september silam dan Kebakaran di Gunung Ciremai beberapa waktu lalu.

“Sekien iki lagi akeh bencana, ning Lombok, Sulawesi Tengah, Cirebon kekeringan ning endi-endi, angel banyu, akibate ya kebakaran,” ungkap Mbok Minah.

Seperti yang terjadi di derah rumah Mbok Minah, di Patapan Beber kini sangat kesulitan air bersih disana. Bahkan untuk beberapa kebutuhan rumah tangga seperti masak, air minum, dan kebutuhan lainnya harus membeli air terlebih dahulu kepada penjual air bersih di desanya.

“Cerbon tambah panas bae, bli kaya bengen, adem lan bli akeh polusie,” imbuh Mbok Minah.

Mbok Minah memiliki 1 anak dan 3 cucu. mereka tinggal dalam satu rumah. Pada pukul 11.00 WIB, cucu pertama Mbok Minah ini seringkali menemuinya di depan Duta Hotel, dengan membawa minuman es untuknya, sambil menjemput Mbok Minah.

Menurut cucunya tersebut, jika sakit, Mbok Minah tidak pernah ingin minum obat. Dia membiarkannya saja, karena sakit sang nenek sembuh dengan sendirinya.

Setiap pergi ke tempat tersebut Mbok Minah selalu membawa karung berisikan minum didalam botol mineral dan juga makanan untuk bekal dia. Membawa gembolan dan juga tongkat untuk membantunya berjalan dikala sendiri.

Sesekali Mbok Minah juga tidak datang ke depan Duta Hotel, dikarenakan sakit atau tidak enak badan dengan kondisi sang Nenek. Beliau tidak pernah meminta, hanya duduk di dekat gapura Duta Hotel saja, tetapi berbagai jenis kendaraan datang memberinya uang kepadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *