Suntikan Motivasi untuk Siswa Berprestasi dari Cirebon Power

Posted on

Dilansir oleh Radar Cirebon – Sedikitnya seribu pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di tiga kecamatan, mendapatkan apresiasi dari Cirebon Power. Dari 20 sekolah yang ada, masing-masing diambil siswa dengan ranking 1-10.

Mereka berasal dari Kecamatan Astanajapura, Mundu dan Pangenan. “Ini suntikan motivasi. Supaya mereka terus giat belajar. Untuk yang belum dapat, supaya meniru juga,” ujar Direktur Cirebon Power, Teguh Haryono di SDN 1 Kanci, Kecamatan Astanajapura.

Pemberian apresiasi ini sudah dilakukan selama lima tahun. Biasanya, Cirebon Power memberikan apresiasi setiap semester kepada 1.200 pelajar. Namun saat ini, hanya satu ribu pelajar. Sebab, pelajar yang kelas 6 sudah masuk ke SMP. “Siswa yang menerima saat ini hanya kelas 1-5 saja,” tuturnya.

Pemberian apresiasi kepada para pelajar ini, memiliki tujuan untuk merangsang semangat belajar siswa untuk terus berprestasi. Dengan adanya apresiasi ini, diharapkan siswa lain akan berlomba-lomba untuk belajar giat dan mendapat ranking di kelasnya.

Perwakilan UPT Pendidikan Kecamatan Astanajapura, Toyib mengapresiasi kegiatan rutin ini. Menurutnya, Cirebon Power sudah memberikan andil banyak dalam menunjang pendidikan. Toyib juga berpesan kepada para penerima apresiasi, untuk bisa memanfaatkan dukungan pendidikan tersebut, untuk hal yang bermanfaat dan menunjang proses belajar.

Kepala SDN 1 Kanci, Jaja Sutarja mengungkapkan, apresiasi ini tidak dipungkiri membuat siswa di sekolahnya berlomba untuk berprestasi. Apalagi penentuannya berdasarkan rangking di kelas. “Peringkat kelas menjadi penilaian utama untuk menentukan siswa yang mendapatkan apresiasi ini,” kata Jaja.

Ia menambahkan, dukungan Cirebon Power terhadap aktivitas belajar mengajar di sekolahnya, bukan hanya dalam bentuk apresiasi untuk siswa saja. Melainkan, pihaknya juga sudah pernah mendapatkan bantuan fisik. Warnia, siswi SDN 2 Citemu mengaku senang dan bangga. Siswi yang masuk sepuluh besar di sekolahnya itu, mengaku akan menggunakan uang apresiasi dari Cirebon Power, untuk membeli peralatan sekolah.

Begitu juga yang akan dilakukan Den Ganteng. Siswa yang mendapatkan peringkat 5 besar di SDN 3 Mundu Pesisir ini, terus tersenyum dengan membawa amplop apresiasi dari Cirebon Power. Ia mengatakan, akan menggunakannya untuk membeli buku. “Buat beli buku,” katanya. (yud/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *